Kepala BAPPEDA Malra Tutup Diklat GIS Tingkat Lanjut

Pendidikan dan Pelatihan Geographic Informasi Sistem GIS Tingkat Lanjut di Kabupten Maluku Tenggara Tanggal 07 -19 Agustus 2017 resmi ditutup secara resmi Oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah M Teslatu bertempat di Gedung PAUD Ayu Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu 19/08.

penutupanPelatihanGIS

Pada kesempatan tersebut M Teslatu mengatakan Dasar pelaksanaan Kegiatan adalah Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 4 Tahun 2015 tentang penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2017 dan SK Bupati Maluku Tenggara tentang terbentuknya pantia penyelengaraan Diklat GIS kompentensi Tingkat lanjut bagi ASN di Kabupaten Maluku Tenggara. Lebih lanjut M Teslatu menambahakan manfaat GIS dalam rangka menunjang proses pembangunan nasional adalah menyajikan informasi spasial baru untuk membantu penentuan kebijakan aspek fisik maupun non-fisik.

gisMalraData daerah yang berserakan baik yang berupa data tabel maupun data peta, yang semula tidak bermanfaat dapat didayagunakan dengan cara mengaitkan dengan data lain yang bereferensi geografis untuk kemudian ditumpangsusunkan (overlay), sehingga dapat diperoleh informasi baru, dan bahkan dapat menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan.

Apabila masing-masing daerah memiliki data yang tersusun dalam suatu basis data peta, maka Indonesia akan mempunyai GIS Nasional yang akan memudahkan pemerintah dalam membuat perencanaan pembangunan, pemantauan, dan evaluasinya secara akurat. Informasi baru mengenai potensi sumber daya lahan, agihan spasial mengenai kependudukan, fasilitas-fasilitas umum, keuntungan dan kelemahan kondisi fisiografis akan mudah diakses untuk kepentingan pembangunan. Yang terpenting dari kegiatan GIS lanjutan adalah Sebagai bagian dari peningkatan kopentensi SDM bidang informasi geospasial ASN di Kabupaten Maluku Tenggara.
Selain itu Untuk meningkat Kompentensi SDM bidang Informasi Geospasial dan Untuk mendapatkan tenaga Trampil terlatih untuk siap di pakai dalam bidang informasi Geospasial. Selain itu untuk Bagi para Peserta agar apa yang didapat dapat selama Pendidikan dan Pelatihan GIS agar dikembangkan di SKPD masing-masing.

penutupanPelatihanGIS2Kegiatan Pendidikan dan pelatihan Geographic Informasi Sistem GIS Tingkat Lanjut berlansung selama sepuluh hari kerja yaitu dari Tanggal 07- 19 Agustus, dan peserta Pendidikan Pelatihan GIS tingkat lanjut di ikuti sebanyak 42 orang yang terdiri dari 40 ASN dan 2 Mahasiswa dan Narasumber dari Balai Diklat badan Informasi Geospasial Cibinong sebanyak 4 orang dan asisten Pengajar 3 orang dari SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara. (Disadur dari www,malukutenggarakab.go.id)

Kabar BAPPEDA MALUKU TENGGARA

Kepala BAPPEDA Malra Tutup Diklat GIS Tingkat Lanjut

Senin, 21 Agustus 2017
Kepala BAPPEDA Malra Tutup Diklat GIS Tingkat Lanjut

Pendidikan dan Pelatihan Geographic Informasi Sistem GIS Tingkat Lanjut di Kabupten Maluku Tenggara Tanggal 07 -19 Agustus 2017 resmi ditutup secara resmi Oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Dae...

«
||
»